BAN PT Lakukan Asesmen Prodi Administrasi Negara

KBRN, Sungailiat; Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan re-akreditasi, program studi Ilmu Administrasi Negara Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Stisipol) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Asesor BAN PT;  DR. Hermawan S.IP, M.Si, dan DR, Hasniati S.Sos, M.Si. melakukannya dengan Asesman Lapangan.

Ketua Stisipol Pahlawan 12, Dr. Darol Arkum mengungkapkan pihaknya mengharapkan hasil yang baik dari kegiatan re-akreditasi yang dilakukan pihak BAN PT.

Dijelaskan Re-akreditasi merupakan salah satu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta, dengan cara melakukan metode tes laboratorium dan sertifikasi spesialis yang diperbolehkan mengeluarkan sertifikat resmi suatu yang memiliki standar.

“Setelah dilakukan akreditasi pertama pada tahun 2012, Stisipol Pahlawan 12 telah mengalami banuak perubahan, baik sarana maupun prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM), kurikulum termasuk juga kegiatan-kegiatan alumni dan mahasiswa Stisipol Pahlawan 12,” ungkap Darol dalam rilis Pemkab Bangka Jumat (16/2/2018)

Lebih lanjut alumni S3 Kebijakan Publik UGM Jogjakarta tersebut menguraikan, kegiatan ini merupakan upaya untuk mendapatkan pengakuan dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan dan menyebarluaskan paradigma baru dalam pengelolaan pendidikan.

“Hal ini juga untuk meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi,” katanya

Selain itu juga, Darol Arkum menjelaskan sekarang ini akreditasi tidak lagi membedakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), untuk itu akreditasi dalam dunia pendidikan tinggi merupakan pengakuan atas suatu lembaga pendidikan yang menjamin standar minimal. Sehingga lulusannya memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau memasuki pendidikan spesialisasi, atau untuk dapat menjalankan profesi.

“Re-akreditasi ini merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa isntitusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu,” katanya.

Akreditasi ini lanjut Darol lagi dapat melindungi dan dilakukan secara voluntir bagi perguruan tinggi yang menyelenggarakan suatu program studi.

“Kegiatan Akreditasi bisa dilakukan dengan kegiatan evaluasi terhadap komponen dari masukan proses, dan produk perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi dan mengirimkan laporannya ke lembaga asesor,” kata Darol.

Sementara itu Ketua Yayasan Cendikia Bangsa M Kamil Abu Bakar mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya dengan meningkatkan mutu pendidikan sekaligus menunjukkan niat dan kepedulian pemerintah dalam pembinaan penyelenggaraan perguruan tinggi, melayani kepentingan masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudaayn nasional.

“Semoga Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat, terutama program studi administrasi negara untuk diakui dan mendapatkan jaminan standar,” harap Kamil. (Lutfi/LG/AKS)