Praktek Table Manner Internasional

Peserta Table Manner Di Hotel Novilla

 

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka menjalin kerjasama dengan pengusaha perhotelan dalam menyelenggarakan kegiatan “Table Manner”.

“Kita diajari tentang etika, begitu juga dengan makan di meja makan. Acara Table  Manner sangat penting dan dibutuhkan oleh seorang Humas, dengan mempelajari Table Manner kita bisa berinteraksi sosial dan saling menghargai orang lain pada saat jamuan makan formal,” ujar Septiar, Senat Mahasiswa Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat.

“Kami mencoba praktik di hotel, karena selama ini materi ini kita dapatkan di bangku kuliah. Kegiatan ini juga menambah ilmu dan pengalaman,” ujar Suian, mahasiswa semester enam.

Menurut Ketua Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Bangka, Dr. Darol Arkum Table Manner merupakan kegiatan salah satu rangkaian praktik kegiatan  mata kuliah dari Public Relation Professional yang dilaksanakan di perhotelan.

“Mahasiswa tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga belajar secara praktik di lapangan dari mata kuliah Public Relation Professional, dan saya berharap mahasiswa yang ikut berpartisipasi kegiatan praktik mata kuliah ini bisa mendapatkan ilmu serta pengalaman tentang etika dan tata nilai yang perlu di pahami dalam jamuan makan pada acara forum resmi di tingkat internasional,” ungkap Darol.

Lebih lanjut Darol  mengatakan, dengan pesatnya sektor pariwisata dan kuliner yang ada di Kabupaten Bangka sekarang ini, diharapkan jamuan kepada tamu lebih profesional dan lebih modern lagi.

Sementara itu, dosen pengampu Ida R Damayanti mengungkapkan kegiatan Table Manner sekarang ini  sangat dibutuhkan oleh para Public Relation Officer, dimana aspek-aspek yang terkandung didalamnya menanamkan pemahaman aturan yang berlaku bagaimana kita bersikap dan berperilaku pada jamuan makan resmi.

“Table Manner dapat membantu memperkaya kehidupan personal dan profesional seseorang. Dengan menguasai table manner, kita bisa tahu budaya orang asing melalui Table Manner dan selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam hal Table Manner,” ungkap Ida.