Selamat Datang Di Kampus Stisipol Pahlawan 12

Halaman Depan Kampus Stisipol Pahlawan 12

Sejarah STISIPOL Pahlawan 12
STISIPOL Pahlawan 12 atau (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pahlawan 12) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di provinsi Bangka Belitung, Tepatnya berada di pusat kota sungailiat yang berdekatan dengan kantor kantor dinas pemerintah.
Kampus ini disebut juga dengan “Kampus Perjuangan” dikarenakan nama Pahlawan 12 yang diambil dari pahlawan yang berasal dari sejarah kepahlawanan di Bangka Belitung. Kampus ini sekarang mempunyai dua jurusan yaitu Ilmu Komunikasi & Ilmu Administrasi Negara dan kedua jurusan ini mendapatkan nilai Akreditasi B dari BAN-PT.

Merupakan perguruan tinggi yang berdiri pada tanggal 3 Maret 2007 dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 35/D/0/2007 tentang Pendirian Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik oleh Yayasan Cendekia Bangsa Sungailiat Bangka Belitung.

Perguruan tinggi ini  berada di bawah Yayasan Cendekia Bangsa. Yayasan Cendekia Bangsa didirikan oleh Ir. H. Eko Maulana Ali, M. Sc, Ramli Ngadjum, SH, MM, Drs. Drs. Jamaluddin Alwi, MM.

Awalnya Yayasan Cendekia Bangsa berkomitmen untuk mendirikan Universitas Pahlawan 12 (UNIPALAS) pada tahun 2003. Pada waktu itu dibentuk 2 (dua) sekolah tinggi yaitu Sekolah Tinggi Teknologi  (STT) Pahlawan 12 terdiri dari program studi teknik sipil dan teknik pertambangan dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pahlawan 12 (STISIPOL Pahlawan 12) terdiri dari Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Pada waktu itu pendirian STISIPOL Pahlawan 12 masih dalam proses pengkajian oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta.

Seiring dengan berdirinya Universitas Bangka Belitung pada tahun 2006 dan atas persetujuan pihak pimpinan Yayasan Cendekia Bangsa maka Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Pahlawan 12 berafiliasi dengan Universitas Bangka Belitung. Sehingga Yayasan Cendekia Bangsa hanya menaungi STISIPOL Pahlawan 12 dan ini juga menjadi salah satu sejarah berdirinya Universitas Bangka Belitung.

Tahun 2004, Yayasan Cendekia Bangsa kembali menindaklanjuti komitmen untuk mendirikan STISIPOL Pahlawan 12 yang pada saat itu masih dalam proses pengkajian oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Berbagai pihak dilibatkan untuk mencapai tujuan tersebut diantaranya Prof. Dr. Sofian Effendi, MPA (Rektor UGM), Ir. H. Eko Maulana Ali, Ramli Ngadjum, SH, MM, MAP, Drs. Djamaluddin Alwi, Ir. H. Tarmizi H. Saat, MM, K.A. Tajuddin, SH, Drs. Suyono Slamet Drs. H. M. Nasir Hasan, Erry Gusnawan, SE, MM.

Dalam upaya mewujudkan tujuan tersebut, STISIPOL Pahlawan 12 melakukan kerjasama dengan pihak Universitas Sriwijayadiantaranya dengan Drs. Mahdor Syatri, M.Si (alm) (Dekan FISIP UNSRI) dan Drs. Sobri, M.Si (Pembantu Dekan I FISIP UNSRI), pada saat itu bertindak sebagai fasilitator dan pembimbing dalam kepengurusan izin STISIPOL Pahlawan 12.

Dalam rangka untuk mempersiapkan administrasi dilibatkan pengurus  STISIPOL Pahlawan 12 sementara yaitu Drs. Maswan, Darol Arkum, M.Si dan Drs. Asmadi Sandjau. Tim ini bekerja melakukan penyusunan, perlengkapan dan penyempurnaan administrasi proposal STISIPOL Pahlawan 12 yang diajukan ke Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta. Selain itu tim ini bekejra untuk melakukan revisi proposal hasil koreksi yang disampaikan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan Nasional.

Sejarah awal berdirinya tahun 2007 Stisipol Pahlwan 12 dipimpin oleh Drs. Maswan yang memiliki 2 program studi yaitu Program studi Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi, dan Sekarang kampus ini diketuai Oleh Dr Darol Arkum.