header-int

Bawaslu Basel dan Stisipol Pahlawan 12 Kerjasama dalam Giat Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Rabu, 23 Des 2020, 17:14:39 WIB - 65 View
Share
Bawaslu Basel dan Stisipol Pahlawan 12 Kerjasama dalam Giat Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

BANGKA SELATAN Dalam Pilkada Calon Bupati Bangka Selatan serempak yang diselenggarakan tanggal 9 Desember 2020 , Bawaslu Bangka Selatan dan STISIPOL Pahlawan 12 melakukan kerja sama berkelanjutan selama 10 hari melibatkan 16 Mahasiswa pada 21 Oktober lalu dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif.

Selain itu, Bawaslu Bangka Selatan juga menggandeng STISIPOL Pahlawan 12 dalam kegiatan Pemantauan Pilkada Bangka Selatan selama 5 hari ini di mulai dari tanggal 7 Desember 2020. STISIPOL sendiri menurunkan 8 Mahasiswa serta 4 dosen.

Total, ada 8 kecamatan yang ada di Bangka Selatan melakukan pemilihan Bupati Basel periode 2020-2025. Para mahasiswa dan dosen disebar kebeberapa kecamatan dan desa dalam kegiatan yang melibatkan perangkat pemilu mulai dari KPU, pengawas kecamatan hingga KPPS ini.

Kepala sekretariat Bawaslu Basel, Yudi Arista mengatakan dengan adanya kerja sama ini, Bawaslu Bangka Selatan sangat terbantu dalam pilkada 2020.Ia juga menjelaskan, peran serta mahasiswa turun kelapangan mengawal kegiatan dari awal pendistribusian logistik ke setiap desa yang ada di Kabupaten. Selain itu dilakukan patroli pada jam malam pada masa tenang kemudian pencoblosan pada hari H 9 Desember sampai akhir yaitu rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara di setiap kecamatan Bangka Selatan memberikan dampak signifikan bagi pelaksanaan pemilu dan bagi mahasiswa sebagai sarana mengasah dan mendapatkan pengalaman menjadi bagian dari pelaksana pemilu.

Selain itu ketua LPM STISIPOL Pahlawan 12, Yudi Septiawan pada kesempatan yang sama mengharapkan kegiatan kerja sama antara STISIPOL P12 dan Bawaslu Bangka Selatan serta perangkat-perangkat lain terus berlanjut tidak hanya pada saat Pilkada sertentak saja.

“Kegiatan ini juga merupakan integrasi dan implementasi dari Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, yaitu mahasiswa bisa langsung menerapkan teori praktis di lapangan,” kata dia.

© 2021 Stisipol Pahlawan 12 Follow Stisipol Pahlawan 12 : Facebook Instagram Youtube