header-int

Desa Tangguh Hadapi Covid-19, Dosen STISIPOL P12 Gelar Pengabdian kepada Masyarakat Bukit Layang

Rabu, 15 Jun 2020, 01:45:33 WIB - 67 View
Share
Desa Tangguh Hadapi Covid-19, Dosen STISIPOL P12 Gelar Pengabdian kepada Masyarakat Bukit Layang

Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pahlawan 12 Bambang Ari Satria menggelar pengabdian kepada masyarakat tematik Covid-19. Dharma perguruan tinggi tersebut digelar di Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka, Senin (15/6/20). Kegiatan tersebut dibuka secara langsung Kepala Desa Bukit Layang, Andry.

Pengabdian kepada Masyarakat tematik Covid-19 mengangkat tema penyuluhan adaptasi tatanan kebiasaan baru desa tangguh Covid-19. Saat ini, pemerintah sama sekali belum mengeluarkan kebijakan new normal, namun tatanan kebiasaan baru tersebut secara perlahan perlu kita adaptasi.

Selain Dosen STISIPOL Pahlawan 12, narasumber lain adalah juru bicara gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bangka, Mboy Yandra. Beliau menyampaikan kondisi eksisting Covid-19 di Kabupaten Bangka. Dalam materinya, Mboy Yandra terus menerus berpesan agar masyarakat mematuhi protokol Covi-19, mulai dari memakai masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan dengan air yang mengalir.

Bambang Ari Satria mengungkapkan, dipilihnya Desa Bukit Layang sebagai lokus pengabdian kepada masyarakat tematik Covid-19 karena beberapa hal. Pertama, Desa Bukit Layang yang berada di Kecamatan Bakam merupakan desa dan kecamatan yang kasus konfirmasi positif Covid-19 masih nol dan ini harus dipertahankan. Kedua, Desa Bukit layang sangat mematuhi surat edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 6 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan yang ketiga Desa Bukit layang berupaya menuju Desa Tangguh Covid-19.

“Desa tangguh Covid-19 yang kami maksud indikatornya adalah Desa Kreatif, yakni pendampingan UKM yang terdampak dengan memproduksi barang yang sesuai kebutuhan, yakni masker dan handsanitizer. Desa Hijau, yakni desa yang memberdayakan masyarakat dalam mengolah lahan pekarangan untuk sayuran dan tanaman obat. Desa Peduli, yakni desa yang memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kepedulian kepada warga yang terdampak covid-19. Desa Pintar yakni desa yang memberdayakan keluarga dalam pendampingan belajar anak-anak secara online dan Desa Sehat, yakni desa yang pemberdayaan posyandu sebagai garda terdepan menghadapi covid-19 dengan menerapkan protokol Covid-19. Indikator ini sebagian besar sudah dijalankan oleh Desa Bukit Layang,” papar Bambang.

Output dari kegiatan ini adalah peningkatan keberdayaan masyarakat dan jurnal nasional pengabdian kepada masyarakat. Adapun peserta pengabdian kepada masyarakat tematik Covid-19 ini dengan melibatkan tim relawan desa yang terdiri dari kepala desa, ketua BPD, perangkat desa, anggota BPD, Kepala Dusun, Ketua RT, Pendamping Lokal Desa, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, PKK dan BUMDes.

Unidha
© 2020 Stisipol Pahlawan 12 Follow Stisipol Pahlawan 12 : Facebook Instagram Youtube