header-int

STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka Bentuk Pusat Studi Media dan Big Data

Rabu, 10 Jun 2020, 02:49:48 WIB - 36 View
Share
STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka Bentuk Pusat Studi Media dan Big Data

STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka bentuk Pusat Studi Media dan Big Data. Hal ini untuk menjawab tantangan era informasi digital.

Ketua Pusat Studi Media dan Big Data STISIPOL Ferdiana mengatakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan topik penting yang berkembang di era digital saat ini.

Maka dari itu, Pusat Media dan Big Data menjadi satu-satunya di Bangka Belitung yang akan mengolah informasi menjadi data-data penting dalam sebuah kajian media.

“Kedepan kami akan menggandeng para peneliti dari kalangan akademisi baik dosen maupun mahasiswa untuk melakukan riset-riset media dan big data dengan mengaplikasikan teknologi yang ada termasuk Nvivo dan yang lainnya guna pengembangan ilmu pengetahuan," kata.

Ketua Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Bangka Darol Arkum mengatakan pihaknya selalu berinovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi sekaligus bentuk kontribusi institusi pendidikan dalam pengelolaan informasi dan data.

Saat ini Indonesia tak terkecuali Bangka Belitung dihadapkan pada persoalan infodemi yang mengharuskan adanya institusi yang mampu mengelola informasi menjadi data akurat.

Ketersediaan data digital yang melimpah jika diolah dengan perangkat yang tepat, akan menghasilkan sebuah kebijakan-kebijakan penting demi kepentingan masyarakat.

"Langkah awal yang telah dilakukan pihak kampus yakni mengikutsertakan pengurus Pusat Studi Media dan Big Data pada pelatihan penggunaan software analisis data kualitatif Nvivo dengan fitur-fitur yang mampu melakukan coding, visualisasi hingga conclusion data.

Pelatihan penggunaan software ini nantinya diharapkan mampu membantu pelaksanaan pembuatan sebuah riset analisis content/isi, analisis sentimen hingga analisis jaringan media," jelas Darol.

Unidha
© 2020 Stisipol Pahlawan 12 Follow Stisipol Pahlawan 12 : Facebook Instagram Youtube