header-int

STISIPOL Pahlawan 12 Susun Skenario Perkuliahan Sambut New Normal, Gunakan E-Campuz

Rabu, 09 Jun 2020, 02:57:19 WIB - 39 View
Share
STISIPOL Pahlawan 12 Susun Skenario Perkuliahan Sambut New Normal, Gunakan E-Campuz

Ketua STISIPOL Pahlawan 12, Darol Arkum membeberkan kampus telah menyusun beberapa skenario kebijakan menyongsong kehidupan new normal (tatanan kehidupan baru).

Selama pandemik covid-19, seluruh aktivitas tri dharma (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) berjalan dengan ideal.

"Guna merespons tatanan kehidupan baru (new normal), STISIPOL Pahawan 12 telah merancang skenario kegiatan belajar mengajar di tahun ajaran baru 2020/2021 yang akan dijalankan di tengah pandemik covid-19," ujar Darol.

STISIPOL Pahlawan 12 telah memiliki sistem perkuliahan yang teruji yang telah lama dilakukan sejak tahun 2010 dengan menggunakan sistem tekonologi informasi E-Campuz. Sistem ini telah dilakukan sejak tahun 2010 kerjasama dengan GAMATECH UGM.

"Sistem ini memuat berbagai aktivitas perkuliahan dan administrasi perkuliahan dana administrassi keuangan secara terintegrasi dan online sehingga tidak perlu terjadinya kontak fisik secara langsung," jelas Darol.

Dengan sistem E- Campuz, seluruh aktivitas perkuliahan, absensi, penilaian, monitoring dapat dilaksanakan tanpa harus tatap muka tetapi dengan sisitem daring.

"Begitu juga dengan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kita memliki sistem yang dapat mengakomodasi proses tersebut secara baik," sebutnya.

Sistem ini telah melakukan langkah kebijakan dengan menerapkan beberapa langkah kebijakan di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitiaan dan pengabdian kepada maasyarakat.

"STISIPOL pada prinsipnya telah siap melakukan penyesuaian dalam kehidupan normal baru di kampus Dalam proses penyusunan skripsi, kampus masih terbuka untuk mahasiswa yang menjalankan riset dan tugas akhir seperti membaca buku di perpustakaan untuk referensi dan proses bimbingan tapi dengan memperhatikan protocol kesehatan," tutur Darol.

Selain itu kebijakan lain yang dilakukan menghimbau mahasiswa agar menyusun skripsi dengan menggunakan data skunder yang tersedia di media sosial dan internet hal ini untuk menghindari dan menjaga kontak fisik.

Proses pembimbingan dalam penyusunan skripsi juga dilakukan secara daring menggunakan e-campus, media sosial (Whatshaps, email, zoom).

Untuk kegiatan penerimaan mahasiswa baru (PMB) dimulai pada Maret 2020 ujian masuk dilaksanakan secara komputerisasi/berbasis computer dengan system E-Camapuz bekerjasama dengan GAMATECH UGM.

Selanjutnya kegiatan ujian Akhir Semester juga dilaksanakan secara menggunakan online dengan system E-Campuz.

"Sejak di awal pandemi Covid 19, STISIPOL juga telah mulai menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker ketika masuk kampus, penyediaan fasilitas cuci tangan, mendesain ruang perkuliahan yang berjarak 2 meter untuk menghindari kontak antar mahasiswa serta tidak berkerumun," kata Darol.

Untuk meningkatkan pelayanan dalam pelaksanaan menyongsong era new normal, STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka sudah melakukan langkah kebijakan.

Pihak kampus memberikan subsidi berupa bantuan Internet secara gratis setiap bulannya kepada mahasiswa, serta keringanan angsuran pembiayaan perkuliahan.

Ini adalah beberapa kebijakan yang di keluarkan untuk meringankan mahasiswa dalam melaksanakan proses perkuliahan, sekaligus misi sosial kemanusiaan kampus.

Unidha
© 2020 Stisipol Pahlawan 12 Follow Stisipol Pahlawan 12 : Facebook Instagram Youtube