Ilmu Administrasi Negara Stisipol Pahlawan 12 Dapat Akreditasi B Oleh BAN-PT

 

SUNGAILIAT- Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Pahlawan 12 Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Prodi Ilmu Administrasi Negara mendapatkan predikat B oleh BAN PT yang ditetapkan pada tanggal 31 Juli 2018 dengan nilai 304 dan nomor SK : 2080/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018. Dengan raihan ini, seluruh prodi di Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat telah mendapat predikat B.

“Alhamdullilah, kita terus bergerak maju dan sekarang ini kita sudah dinilai BAN PT untuk program studi Ilmu Administrasi Negara dan mendapatkan nilai B,” ungkap Ketua Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat, Darol Arkum, di Kampus Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat, Rabu (1/8/2018).

Diakui Darol Arkum yang juga ASN Pemkab Bangka ini, dalam beberapa tahun terakhir ini, Stisipol Pahlawan 12 telah mengalami beberapa kemajuan untuk kualitas dan status pendidikan dalam program studi yang ada di Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat.

“Program studi yang ada di kampus Stisipol ini sudah terakreditasi B semuanya dan kedepan kita ingin dan berusaha untuk mendapatkan predikat A untuk semuanya,” harapnya.

Darol menambahkan, untuk mendapatkan nilai akreditasi A, pihaknya terus mengenjot kemampuan diri dengan meningkatkan kualitas pendidikan baik dari segi sumber daya manusia, mahasiswa maupun sumber lainnya yang mendukung kemajuan dan peningkatkan Stisipol Pahlawan 12.

“Kita terus mengasah kemampuan diri, dengan melakukan terobosan dan pemikiran yang kuat untuk kemajuan kampus dan pendidikan, mulai berbenah juga dengan menjadi kampus kita sebagai salah satu kampus yang terbaik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Darol Arkum yang merupakan lulusan S3 UGM Jogjakarta ini, kampus Stisipol terus melakukan kerjasama dengan banyak pihak sesuai dengan visi misi kampus dan tridharma pendidikan.

“Kita buka link dan melakukan kerjasama juga dengan banyak pihak, baik dari pemda, provinsi, kedutaan bahkan dengan kampus lainnya sehingga kita bisa saling sharing dan bertukar ilmu dan pengalaman, insyaallah akan banyak event-event pendidikan yang terus dan akan dilakukan oleh Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat untuk kemajuan pendidikan dan perubahan paradigma mahasiswa,” katanya.

“Semoga ini menjadi pemicu bagi kita untuk lebih baik lagi kedepannya dalam menerapkan Tri Dharma Pendidikan,”tambahnya.

Keuntungan Prodi yang Terakreditasi B

Dengan raihan akreditasi B untuk Prodi Ilmu Administrasi Negara Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan banyak keuntungan dan kemudahan yang dirasakan oleh pihak kampus.

Darol Arkum mengatakan kemudahan dan kelebihan yang didapatkan diantaranya dapat menggambarkan mutu sebuah perguruan tinggi, kedua bagi mahasiswa akses untuk mendapatkan beasiswa lebih terbuka lebar dan ketiga meningkatkan peluang untuk melanjutkan studi ke jenjang pasca sarjana serta mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk melamar pekerjaan.

Sejauh ini, lanjutnya, pihak Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat telah menambah catatan prestasi yang diukir pihaknya. Pada medio Maret 2018, Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat mendapatkan sertifikat Akreditasi B untuk Prodi Ilmu Komunikasi dan berlaku selama lima tahun sampai tahun 2023. Capaian ini lanjut Darol merupakan kerjasama tim yang berada dalam naungan civitas akademika.

“Alhamdullilah ini modal kita untuk merekrut calon mahasiswa baru yang saat ini masih dibuka untuk gelombang terakhir, semoga kita terus memperbaikir diri untuk kualitas pendidikan terkhusus di Bangka Belitung,” ungkap Darol