BPIP RI Laksanakan Kegiatan Internalisasi Pancasila di kampus Stisipol Pahlawan 12

Kamis, 28 Apr 2022, 00:28:43 WIB - 194 View
Share
BPIP RI Laksanakan Kegiatan Internalisasi Pancasila di kampus Stisipol Pahlawan 12

Civitas Stisipol Pahlawan 12 dan BPIP RI

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pahlawan 12 Sungailiat bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia melaksanakan kegiatan Internalisasi dan Institusionalisasi Nilai Pancasila di Bangka Belitung, Rabu ( 27/4/2022) bertempat di Gedung Graha STISIPOL  Pahlawan 12 Sungailiat.

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini dibuka oleh Dr. Darol Arkum, M.Si selaku Ketua STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat. dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat stategis dilakukan di tengah pengaruh globalisasi yang dinamis, sehingga dapat memperkuat karateristik dan ideologi Pancasila.

“Pencerahan mengenai nilai-nilai pancasila sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk memperkuat karakteristik dan ideologi pancasila bagi para mahasiswa dan dosen.” Ujarnya

Pada moment special kali ini, narasumber kegiatan  Kemas Ahmad Tajuddin, SH.,MH selaku Deputi Bidang Hukum,  Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP RI. dalam paparannya menjelaskan  kondisi bangsa saat ini sedang tidak baik-baik saja, dimana saat ini bangsa indonesia sangat sensitif dan mudah terpancing konflik.

Ditambahkannya, Indonesia dulunya dikenal masyarakat yang ramah tamah, sopan santun sangat toleransi dan berkeadaban, sekarang justru mudah terjadi konflik dan kejadian yang tidak patut, gesekan antar agama dan antara suku juga sering terjadi, maka dari itu perlu diperkuat lagi nilai nilai pancasila

“Nilai pancasila perlu diperkuat kembali karena sekarang terdapat pemahaman yang mendorong seseorang untuk bersikap intoleran, kuatnya pengaruh globalisasi yang menyangkut individu dimana sekarang lebih individualisme mementingkan diri sendiri, memudarnya nilai-nilai luhur dan harus pandai menyaring budaya luar sekiranya dapat merusak ideologi pancasila atau bertentangan dengan Pancasila” jelasnya.

Selain itu, Kedudukan dan peran pancasila sudah jelas dijadikan sebagai dasar negara, menjadi media yang mengatur jalannya negara sebagai pandangan hidup bangsa, sebagai dasar berperilaku, sebagai ideologi negara, harus dijadikan pedoman dalam kehidupan sosial politik serta sebagai pemersatu bangsa.

Sementara itu, Bambang Ari Satria, S.IP.,M.Si selaku Wakil Ketua III sekaligus  di daulat sebagai moderator kegiatan mengatakan  internalisasi dan institusionalisasi pancasila khususnya di Bangka Belitung sangat penting, apalagi dari hasil survey masih banyak warga negara Indonesia tidak mengenal identitas bangsa dan sila Pancasila.

“Hasil survei BPS tahun 2015 dari 100 orang Indonesia 8 orang tidak tahu judul lagu kebangsaan Indonesia, 53% tidak hapal dengan lirik lagu kebangsaan Indonesia dan 24 orang tidak hapal sila-sila pancasila.” Tuturnya.

Melihat kondisi yang ada perlu menanamkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan paling penting yaitu internalisasi itu sendiri.

Kegiatan dihadiri oleh Ferdiana, S.Ikom.,M.Ikom selaku Wakil Ketua I, Herwan, SE.,PAR.,MM selaku Wakil Ketua II, Bambang Ari Satria, S.IP.,M.Si selaku Wakil Ketua III, Kaprodi Ilmu Administrasi Negara dan Kaprodi Ilmu Komunikasi serta Bapak/Ibu Dosen STISIPOL Pahlawan 12 serta  di ikuti antusias oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Program Studi Ilmu Komunikasi STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat, terutama dalam sesi diskusi yang dimanfaatkan untuk menambah wawasan.

© 2022 Stisipol Pahlawan 12 Follow Stisipol Pahlawan 12 : Facebook Instagram Youtube